Daftar Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur

 

Selama ini wisata di Kediri yang cukup menjadi perhatian adalah Monumen Simpang Lima. Orang-orang di luar Kediri belum banyak yang mendengar wisata lain yang juga menarik untuk dikunjungi di salah satu kabupaten Provinsi Jawa Timur itu. Daftar tempat wisata di Kediri Jawa Timur berikut mungkin akan membuka list baru bagi Anda untuk berwisata di Kediri. Mau tahu, kan?

Gunung Kelud

Dulu, yang berwisata di Gunung Kelud memang hanya pendaki. Tetapi kini, bukan pendaki pun ikut berwisata di gunung api aktif ini. Akses jalan menuju Gunung Kelud sudah cukup baik. Aspalan mulus akan mengantar Anda naik ke atas gunung hingga ketinggian tertentu. Jadi, lumrah jika tidak mendaki pun Gunung Kelud ini bisa dinikmati.

Sumber Ubalan

Sumber Ubalan terletak di jarak 18 km timur Pusat Kota Kediri. Sumber Ubalan merupakan tempat wisata keluarga yang mengakomodasi kegiatan berenang, bermain sepeda air, juga kegiatan memancing. Terdapat juga panggung hiburan di Sumber Ubalan yang biasa menyajikan pertunjukan tertentu.

Sumber Ubalan berlokasi di kawasan hutang lindung. Suasana sejuk hutan benar-benar bisa Anda rasakan lokasi wisata ini. Secara administratif, Sumber Ubalan berada di Jarak, Plosoklaten, Kediri.

Air Terjun Dolo

Air terjun ini berada di Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo. Air terjun yang merupakan bagian dari Lereng Gunung Wilis ini memiliki ketinggian air terjun hingga 125 meter. Secara lokasi, Anda butuh waktu sekitar 2 jam jika melakukan perjalanan dari Pare, Kediri. Paling menarik dari air terjun ini adalah undakan-undakannya yang seperti tersusun-susun.

Tempat menginap paling dekat dari lokasi air terjun berjarak sekitar 4 km. Tetapi, sekadar fasilitas semacam warung, toilet, dan mushola, bisa Anda temukan di tempat lokasi.

Goa Bawah Tanah Surowono

Daftar tempat wisata di Kediri Jawa Timur berikutnya adalah Goa Surowono. Gua ini merupakan sungai bawah tanah yang menjadi saluran irigasi sejak zaman Kerajaan Kediri dulu. Terdapat 5 aliran air dari dalam goa sepanjang 800 meter sebelum bertemu aliran air sungai. Tapi begitu, goa ini tetap bisa dimasuki. Goa ini ada di Desa Canggu, Kecamatan Badas.

Bukit Kura-Kura Ongakan

Bukit ini dikelola oleh perhutani yang bekerja sama dengan organisasi masyarakat setempat. Gugusan bukit yang menjadi suguhan Bukit Kura-Kura Ongakan, akan Anda lihat bersama dengan air terjun yang terletak kira-kira 3 km dari bukit. Bukit Kura-Kura Ongakan sendiri terletak Desa Besowo, Kecamatan Kepung. Di bukit itu, terdapat spot-spot foto yang menarik untuk Anda ambil.

Taman Bunga Matahari

Sekitar 1000 Bunga Matahari yang ditanam di Taman Bunga Matahari. Tentu saja, ini menarik. Lebih-lebih bagi para penggemar fotografi. Taman Bunga Matahari terletak di Pojok, Mojoroto, Kediri. Tiket masuknya murah. Setiap pengunjung yang datang hanya dikenakan harga 5.000 perorang.

Kampung Angrek

Kampung Anggrek berada di Lereng Gunung Kelud. Ada banyak koleksi Bunga Anggrek yang dimiliki Kampung Anggrek ini. Beberapa koleksi merupakan hasil silang antar jenis beberapa varietas Bunga Anggrek. Setidaknya terdapat 5 green house yang bisa Anda datangi ketika berkunjung ke Kampung Anggrek ini.

Menariknya, Anda juga bisa membeli anggrek-anggrek yang ada di kampung agrowisata ini. Harga pertanaman berkisar antara Rp25.000 hingga harga yang paling mahal, Rp100.000. Ini tentu menarik, lebih-lebih bagi para pecinta anggrek. Kampung Anggrek berada di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar.

Demikian ulasan tentang daftar tempat wisata di Kediri Jawa Timur. Berikutnya, giliran Anda yang menentukan tempat mana yang akan menjadi tujuan wisata Anda. Bukan, begitu?