Daftar Tempat Wisata di Mojokerto dan Jombang Jatim

 

Mojokerto termasuk kota paling tua yang ada di Jawa Timur. Posisisnya berada di sebelah timur Kabupaten Jombang. Sebaliknya, Jombang lebih dikenal dengan sebutan Kota Santri. Dua kabupaten tersebut tidak memiliki pantai. Lalu apa saja daftar tempat wisata di Mojokerto dan Jombang Jatim yang bisa menjadi list wisata Anda? Berikut ulasannya.

Air Terjun Dlundung

Di Mojokerto tidak ada wisata pantai. Destinasi wisata yang ada adalah destinasi lain yang menariknya sama dengan wisata pantai, atau bahkan lebih menarik daripada pantai. Iya, salah satu wisata di Kabupaten Mojokerto adalah Air Terjun Dlundung. Air terjun ini berada di Kecamatan Trawas, 40 km selatan Pusat Kota Mojokerto.

Memang, air terjun ini tidak terlalu tinggi, tetapi suasananya begitu mendukung untuk tempat Anda melepas penat. Apalagi, fasilitas pendukung wisata semacam warung makan dan kamar mandi juga sudah tersedia di tempat ini. Wahana untuk kegiatan yang menguji adrenalin juga sudah ada. Menarik sekali tentunya.

Pemandian Air Panas Padusan

Pemandian ini terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet. Banyak orang yang percaya, berendam di pemandian air panas padusan bisa menghilangkan banyak penyakit. Bukan hanya penyakit kulit, penyakit tulang pun bisa disembuhkan. Dan tempat wisata ini semakin menarik dengan udara yang sejuk karena berada di kaki Gunung Welirang.

Sumber air panas ini berasal dari Gunung Welirang. Airnya berwarna kuning kecoklatan karena mengandung belerang. Beberapa kolam pemandian dibedakan untuk pengunjung yang memiliki penyakit kulit dan untuk pengunjung yang sekadar ingin mandi air panas. Jadi, Anda tidak perlu merasa jijik atau khawatir tertular.

Situs Trowulan

Daftar tempat wisata di Mojokerto dan Jombang Jatim berikutnya adalah Situs Trowulan Mojokerto. Situs ini merupakan situs sisa-sisa kejayaan Kerajaan Majapahit yang masih bisa disaksikan sampai sekarang. Di dalam situs tersebut terdapat kolam, candi, dan benda-benda purbakala yang menarik untuk Anda lihat.

Diperkirakan luas Situs Trowulan mencapai 100 km persegi, area yang cukup luas untuk berkeliling. Bahkan, dipercaya, luas situs ini tidak hanya berada di Mojokerto, tetapi sebagiannya juga masuk wilayah Jombang. Dengan luas situs seperti itu, mungkin Anda butuh waktu berhari-hari untuk menyusuri setiap jengkalnya.

Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes adalah air terjun tertinggi se-Jawa Timur. Tinggi air terjun ini mencapai 158 meter. Air terjun ini merupakan hulu dari Sungai Sumber Watu Bonakah. Secara alamat, Air Terjun Tretes berada di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang, masuk dalam kawasan Hutan Raya. Untuk tiket, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 5.000 perorang.

Karena sudah ada tarif tiket masuk, bisa dipastikan fasilitas wisata yang ada di air terjun ini sudah dibangun. Mushola dan rest area bisa Anda gunakan di sana. Warung makan pun ada. Tentu saja, Anda akan semakin nyaman berkunjung ke Air Terjun Tretes ini.

Goa Sigolo-Golo

Tempat wisata menarik lainnya di Jombang adalah Goa Sigolo-Golo. Letaknya masih di Kecamatan Wonosalam seperti halnya Air Terjun Tretes. Tetapi, Goa Sigolo-Golo berada di Desa Panglungan, bukan di Desa Galengdowo. Letaknya yang berada di lereng Gunung Welirang membuat kawasan goa ini memiliki hawa dingin.

Dulu, goa ini menjadi tempat menyendiri para raja pada zaman Kerajaan Majapahit. Itu sebabnya, goa ini dianggap keramat oleh warga setempat. Sebagai saran, ketika Anda mengunjungi Goa Sigolo-Golo ini, gunakan alas kaki yang kuat dan mudah digunakan untuk menapaki medan licin. Sebab medan seperti itulah yang akan Anda temui ketika mengunjungi Goa Sigolo-Golo.

Setelah melihat daftar tempat wisata di Mojokerto dan Jombang Jatim, pasti Anda sudah bisa menentukan tempat mana yang akan Anda datangi. Datang ke tempat wisata ketika berkunjung ke Mojokerto dan Jombang adalah aktivitas lain yang kelak akan menyimpan banyak kenangan.