Daftar Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur

 

Banyaknya sentra kerajinan marmer yang tumbuh di Tulungagung membuat kabupaten ini dianggap minim tempat wisata. Tapi ternyata tidak begitu, sebab banyak juga daftar tempat wisata di Tulungagung Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi di Kota Marmer itiu. Mau tahu?

Taman Hutan Kota Tulungagung

Taman Hutan Kota merupakan taman yang berada di Desa Keraton. Taman ini buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Tidak ada tiket atau biaya tertentu yang dibebankan untuk masuk taman ini. Akses menuju taman hutan cukup mudah dilakukan dari pusat Kota Tulungagung. Anda cukup melewati Jalan Sultan Agung dan mengikuti petunjuk arah untuk sampai tempat ini.

Ada terowongan tanaman hijau yang akan menyambut Anda di depan taman. Terdapat juga gedung penelitian untuk aktivitas pelestarian alam di bagian tengah taman. Apa sebab? Karena taman ini adalah bagian dari taman konservasi yang juga menyediakan tempat bersantai.

Pantai Popoh

Jarak Pantai Popoh dengan pusat kota hanya 30 km saja. Tidak hanya wisatawan lokal yang datang ke pantai ini, sebaliknya wisatawan mancanegara pun tidak jarang ikut menikmati pantai yang ombaknya cukup besar ini. Tarif masuk pantai ini berkisar pada angka 5.000 rupiah. Fasilitas wisata di pantai ini sudah lengkap.

Paling menarik, adalah ketika Anda datang ke pantai ini pada Bulan Suro. Biasanya, pada bulan itu ada ritual Labuh Semboyo yang rutin dilakukan saban tahun. Dalam acara itu, masyarakat akan melarung sesaji sebagai selamatan dan wujud syukur terhadap potensi laut yang ada.

Tebing Banyu Mulok

Daftar tempat wisata di Tulungagung Jawa Timur berikutnya adalah Tebing Banyu Mulok. Banyu Mulok sendiri memiliki arti air yang meluap. Tebing Banyu Mulok adalah tebing yang ada di tepi Samudera Hindia. Tentu saja, ombak yang tidak pernah berhenti menghantam tebing ini adalah ombak yang besar. Akibatnya, tercipta lah luapan air yang menyembur dengan kuat.

Bagusnya, justru semburan air di tebing ini yang membuat Tebing Banyu Mulok ini menarik. Dari semburan itu biasanya akan tercipta pelangi yang cantik. Tapi, jangan tanya tentang fasilitas. Sebab, tempat ini hanya sekadar tempat yang memiliki pemandangan menarik dengan tempat yang menarik pula. Lokasinya cukup dekat dengan Pantai Reco Sewu. Di sanalah, Anda akan mendapati fasilitas wisata.

Air Terjun Coban Kromo

Letak air terjun ini ada di Desa Palem, Campurdarat. Anda tidak bisa membawa kendaraan hingga ke lokasi air terjun. Tetapi, Anda bisa menitipkan kendaraan pada penduduk sekitar, dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Di lokasi air terjun, terdapat anak tangga yang akan mengarahkan Anda ke tujuan.

Siap-siap saja. Anda akan melihat keindahan air terjun bertingkat yang memiliki kolam-kolam kecil di setiap tingkatnya. Tidak ada biaya apapun yang harus Anda keluarkan untuk menikmati air terjun. Ini karena air terjun ini masih sangat alami dan belum dikelola oleh pihak tertentu.

Telaga Ngambal

Bisa dikatakan, Telaga Ngambal adalah tempat wisata yang instagramable. Apalagi jika Anda datang sore hari, saat air danau berwarna kemerahan karena cahaya matahari sore. Keindahannya sungguh luar biasa. Anda cukup mengikuti papan petunjuk menuju lokasi ketika Anda sudah masuk Desa Kalidawir, desa tempat telaga ini berada.

Tidak ada tarif tertentu untuk menikmati Telaga Ngambal ini. Tetapi, terdapat kotak donasi yang bisa Anda isi sekadarnya. Sebab keikhlasan lebih akan membuat Anda merasa nyaman menikmati segala hal. Termasuk menikmati telaga yang luasnya sekitar satu hektar ini.

Membaca daftar tempat wisata di Tulungagung Jawa Timur, pastilah persepsi Anda tentang Tulungagung berubah. Bagaimana, apa sekarang Anda tertarik mengunjungi tempat-tempat wisata di sana?