Destinasi Wisata Pantai Tangsi Lombok

Pantai dengan pasir hitam dan putih mungkin sudah biasa diketahui orang. Namun, berbeda dengan pantai yang warna pasirnya pink atau merah jambu. Tentu itu pantai yang tak biasa dan belum banyak orang tahu. Di Flores, ada destinasi wisata pantai yang pasirnya berwarna pink. Selain itu di Lombok juga ada lho, namanya wisata pantai Tangsi Lombok.

Pantai Tangsi, Satu dari 7 Pantai Berpasir Pink

Pantai berpasir pink ini berlokasi di Jerowaru, Lombok Timur, NTB. Pantai Tangsi alias pantai pink merupakan salah satu dari 7 pantai pink yang ada di dunia. Di Indonesia hanya ada dua pantai yang pasirnya berwarna pink. Keduanya ada di Nusa Tenggara Barat, satunya pantai di Flores dan lainnya ada di Lombok.Pantai pink

Keunikan Pantai Tangsi yang pasirnya berwarna pink, menjadikannya wajib dikunjungi. Warna pink tersebut berasal dari hamparan pasir putih pantai dipadu dengan serpihan-serpihan karang merah muda. Ditambah dengan pembiasan dari sinar matahari yang kuat, membuat pasir pantai Tangsi semakin jelas terlihat berwarna merah muda.

Keindahan panorama pantai Tangsi tak hanya demikian. Bukit-bukit hijau yang ada di sekelilingnya menambah kecantikan pantai Tangsi. Di atas bukit atau tebing tersebut banyak pendopo yang biasanya digunakan wisatawan untuk menikmati panorama indah hamparan pasir pantai pink dan biru jernihnya laut.

Awalnya, Pantai Pink Tangsi hanyalah sebagai tempat transit para nelayan setempat. Karena pasirnya yang berubah warna pink, pantai Tangsi menjadi ramai dikunjungi para pelancong dan wisatawan dari luar daerah. Nama pantai Tangsi berarti “barak” atau “asrama”, dulu, konon katanya, pantai tangsi merupakan markas tentara Jepang yang sedang menjajah Indonesia.

Fasilitasnya Masih Minim

Fasilitas yang ada di sekitar pantai pink masih minim. Jika pengunjung lapar, maka tak perlu khawatir jauh-jauh membeli makanan, karena di pantai ini sudah tersedia warung makan yang banyak bertebaran. Selain itu, ada penyewaan perahu dari para nelayan. Pengunjung yang ingin berkeliling di gili atau pulau kecil yang ada di sekitar pantai dengan jarak 2 km bisa menyewa perahu tersebut.

Di sisi tengah pantai Tangsi juga terdapat sebuah gua yang merupakan peninggalan tentara Jepang. Gua ini mirip dengan gua-gua bekas tentara Jepang yang ada di Sumatera dan wilayah lainnya. Diameter gua hanya berkisar antara 1.5 meter saja. karena tidak terawatt, sayang sekali, gua ini tumbuh banyak semak belukar.

Pantai Tangsi masih sangat alami dan bersih. Sangat direkomendasikan untuk para petualang yang siap menjelajahi wisata-wisata yang tersembunyi dan tidak banyak diketahui orang. Untuk menikmati keindahan pasir pink pantai Tangsi dan panorama keindahannya yang lain, pengunjung hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Rute Perjalanan yang Menguras Tenaga

Wisata pantai Tangsi Lombok, bisa ditempuh dengan jarak yang lumayan dekat sekitar 200 meter dari jalan utama. Rutenya seolah membelah hutan lindung Sekaron dan harus ditempuh perjalanan sejauh kira-kira 10 km dari desa Pemongkong. Jalannya cukup terjal dan aspalnya siap mengocok perut Anda karena banyak yang berlubang. Berharap saja kini pemerintah sudah lebih peduli dengan akses menuju pantai pink Tangsi.

Wisatawan yang masih bingung dengan rute menuju Pantai Tangsi, sebaiknya lewat jalur dari kota Mataram menuju pantai Tanjung Ringgit. Lokasi Pantai Tanjung Ringgit dengan Pantai Pink Tangsi cukup berdekatan. Pintu masuknya hanya berjarak 1 km dari Pantai Tanjung Ringgit. Demikianlah wisata Pantai Tangsi Lombok yang masih asri dan alami. Selamat berwisata!