Mencari Tahu Daya Tarik Dari Pulau Pari dan Pulau Pramuka

Siapa bilang pulau berpenduduk yang terdapat di Kepulauan Seribu justru tidak mengasyikkan sama sekali untuk dijadikan tempat berlibur? Faktanya ada beberapa pulau berpenghuni di wilayah itu yang sangat mampu untuk menarik minat para wisatawan yang berkunjung seperti Pulau Pari dan Pramuka yang indah. Tak berarti jika Anda tidak akan menemukan kebahagiaan jika berada disana karena tetap ramai sebab ada banyak aktivitas seru.

Pulau Pari, Pulau yang Dikenal Sebagai Pulau Tereksotis Se-Kepulauan Seribu

 Banyak sekali wisatawan yang berpikir bahwa pulau berpenghuni itu tidak ada bedanya dengan ibukota yang ramai. Padahal para wisatawan memilih pulau Seribu untuk lepas, keluar sekaligus juga melarikan diri dari bisingnya keramaian kota besar yang setiap hari menjadi pemandangan mereka sehari-hari. Namun tak berarti jika pulau berpenduduk yang ada di wilayah tersebut juga ramai seperti ibukota maupun kota besar lain di Indonesia. Tetap saja penghuninya tidak sebanyak di kota besar.

Para penduduk disini masih sangat sedikit bahkan hanya 4 pulau saja yang memiliki penghuni. Sisanya hanya dijadikan sebagai pulau resort saja. Namun 4 pulau yang berpenduduk itu tetap memberikan keindahan alam mempesona dan lingkungannya tidak tercemar sama sekali. Pulau Pari adalah salah satunya. Pulau ini memiliki keindahan alam yang justru dikenal sebagai yang paling eksotis diantara pulau lainnya. Ini membuktikan jika pulau yang berpenduduk tetap jadi daya tariknya.

wisata pulau pari

Meskipun bernama seperti itu, tak berarti jika pulau ini memiliki banyak ikan Pari. Tetap ada di lautan manapun ikan Pari namun bukan berarti mayoritasnya tinggal disini. Anda tidak perlu khawatir sedikitpun untuk menikmati lautan disini karena aman dan cocok untuk berbagai aktivitas yang Anda inginkan. Selain itu, jaraknya dari dermaga Marina Ancol hanya sekitar 45 hingga 1 jam saja dengan menggunakan speedboat. Jarak pulau yang tidak jauh menjadikan banyak wisatawan yang kemari.

Daya Tarik dan Pesona Pulau Pari

Salah satu daya tariknya adalah Pantai Pasir Perawan yang jaraknya sekitar 10 km dari pulau Pari. Pulau tersebut merupakan daya tarik yang paling utama di dalamnya. Pantai ini juga sangat terjangkau karena untuk masuk, mereka hanya harus membayar retribusi sebesar 5000 saja per orangnya. Biaya ini nantinya akan digunakan untuk melakukan perbaikan, perawatan dan juga penambahan berbagai macam fasilitas sehingga pantai ini tetap menjadi tempat yang paling indah.

kegiatan pulau pari

Tidak seperti pulau yang lainnya, cukup banyak ditemukan cafe maupun warung makan seafood dan sebagainya di sekitar Pari. Ini karena pulau tersebut merupakan pulau berpenduduk sehingga mata sebagian mata pencaharian dari masyarakat yang tinggal disana sudah pasti pemilik cafe dan pengelolanya. Ada yang menyuguhkan seafood segar hasil tangkapan langsung dari perairan pulau sehingga masih sangat segar dan juga fresh. Bahkan sebagian masih hidup dan disajikan jika ada yang memesan.

Dilarang untuk membuang sampah di pulau ini maupun Pantai Pasir Perawan sehingga tetap bersih dan terjaga keindahannya. Bahkan jika kedapatan atau ketahuan membuang sampah sembarangan, maka akan ditegur langsung oleh petugas. Karena itulah, pantai ini disebut dan memiliki predikat sebagai pantai terbersih dibandingkan lainnya yang berada di wilayah sama. Tidak perlu khawatir bingung melakukan aktivitas disini karena semuanya telah tersedia lengkap dan berstandar tinggi.

baca juga

Kegiatan Para Wisatawan Selama Berada di Pulau Pari

Inilah beberapa kegiatan yang akan membuat Anda menikmati liburan di pulau Pari dengan pasangan maupun keluarga Anda antara lain:

Mengelilingi hutan bakau atau mangrove

Hutan mangrove yang ada di pulau ini dibuat sangat mirip dengan hutan bakau yang ada di Nusa Lembongan, Bali. Jadi para wisatawan yang berkunjung kesini akan seolah berada di Bali. Biaya untuk bisa mengelilingi hutan ini sangat terjangkau karena hanya sekitar 10 hingga 15 ribu saja dan wisatawan akan diantar langsung dengan perahu nelayan untuk mengitarinya. Ya, Anda hanya bisa menggunakan kapal saja untuk melihat hutan bakau di pulau ini karena lokasinya yang berada di pantai sehingga tidak dapat melalui jalur trekking untuk mengelilinginya.

Berbelanja

Meskipun Anda berada di pulau kecil di lautan, tak berarti Anda tidak bisa melakukan belanja. Memang tidak ada mall disana namun Anda tetap bisa membawa pulang oleh-oleh khas yang ada di pulau ini. Banyak kios yang menjual sehingga tidak perlu harus membeli di dalam resort. Anda bisa membeli suvenir khas seperti kaos, baju, celana pantai, kacamata, magnet kulkas, gantungan kunci, topi bahkan makanan dengan tulisan pulau Pari.

Bersepeda

Layaknya fasilitas serupa yang ada di kepulauan Seribu, Anda juga dapat menyewa sepeda di Pari ini untuk berkeliling seluruh pulau jika malas untuk melakukan snorkeling atau sesuatu yang berkaitan dengan air. Anda bisa mengitari jalanan yang terdapat di seluruh pulau bahkan bisa juga menyeberangi satu pulau ke pulau lain melalui jalan yang kecil namun panjang. Akan tetapi, jaraknya sekitar 1,5 hingga 2 km sehingga dibutuhkan fisik dan kondisi kesehatan yang prima jika ingin mengunjunginya.

 

Pulau Pramuka, Pulau Khusus Untuk Penangkaran Penyu Sisik yang Hampir Punah

 

Pulau lain yang juga indah dan pemandangannya tidak kalah dengan Pari adalah Pulau Pramuka. Pulau ini merupakan salah satu yang terbesar di kepulauan Seribu karena Pulau ini memiliki sekitar 1.700 penduduk dan paling banyak dijadikan tempat untuk melakukan snorkeling guna mengenal biota laut yang unik dan sebagian langka. Pulau ini dikenal memiliki sarana dan prasarana yang lengkap bahkan terdapat jasa penyelaman dan jasa penyeberangan menuju pulau lain di sekitarnya.

Pulau ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 1 hingga 2 jam dan wisata lautnya merupakan salah satu daya tarik yang penting disini. Sejak tahun 70an, pulau ini sudah dihuni oleh para penduduk namun tetap dikelola dengan baik untuk menjaga kondisi supaya tetap bersih. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau ini, disediakan pusat informasi yang lengkap oleh Pemerintah DKI Jakarta dan dikelola baik oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu yang lengkap.

wisata pulau pramuka

Bersepeda di pulau ini sangat aman. Ini dikarenakan jalanannya sudah berpaving dengan lebar sekitar 2 hingga 4 meter dan seluruhnya telah terhubung satu dengan pulau lain. Anda dapat bersepeda sembari menikmati pemandangan alam indah dan juga matahari terbenam. Pulau ini juga memiliki hutan bakau yang berderet-deret dan dikenal dengan nama “sabuk hijau”. Deretan bakau ini sudah ada sejak tahun 1999 dan bukan hanya dijadikan tempat wisata melainkan pengamanan laut.

Terdapat pula penangkaran penyu sisik di wilayah ini yang lokasinya berada di sisi timur dari Pramuka. Tempat penangkaran ini sudah ada sejak tahun 1984 sebab penyu sisik merupakan fauna khas dan endemik yang terdapat di kepulauan Seribu ini. Bahkan International Union for Conservation of Nature atau Organisasi Internasional Konservasi Sumber Daya Alam menyatakan bahwa penyu sisik ini merupakan hewan yang berada di ambang kepunahan dan harus dilindungi.

Akan lebih mudah dan juga lebih praktis bagi Anda untuk mengunjungi pulau Pari dan Pramuka dengan menggunakan paket wisata yang telah tersedia sehingga semua kegiatan Anda telah terjadwal dan tidak ada yang akan kelewatan.