Nonton di Taman Film Bandung Sambil Santai

Bandung dengan segala pesonanya masih menyimpan tempat wisata yang tidak kalah menyenangkan untuk dikunjungi. Salah satunya bernama Taman Film Bandung yang menawarkan sensasi menonton bioskop di ruangan terbuka. Tujuan dibuatnya taman film ini adalah sebagai tempat berkumpul bagi masyarakat sekitar, sembari bercengkerama dan menonton film.

Taman Film Bandung berdiri di atas lahan seluas 1.300 m2 dan mampu menampung hingga 500 penonton! Pembangunannya sendiri menghabiskan dana hingga 1 milyar rupiah, yang tidak hanya disokong dari APBD, melainkan juga dana dari pihak swasta yang menjadi sponsor. Tempat ini juga sering digunakan untuk nonton bareng pertandingan sepak bola, atau acara yang lain.

Sebelum mengulik lebih jauh tentang Taman Film Bandung, ada baiknya kita mengetahui sejarah dari tempat ini. Taman Film Bandung dibangun atas kerja sama dari Pemkot Bandung dengan PT Multistrada Arah Sarana. Diresmikan pada tanggal 14 Setember 2014 sekaligus dalam rangka menyambut ulang tahun Kota Bandung di tanggal 25 September 2014. Yuk berkenalan lebih lanjut dengan Taman Film Bandung!

Pesona yang Dimiliki Oleh Taman Film Bandung

Desain dari Taman Film Bandung ini bisa dikatakan unik. Berbentuk seperti sawah di dataran tinggi yang khas dengan teraseringnya lengkap dengan aliran air. Desain tersebut merupakan hasil kreasi dari Dinas Topografi Bandung. Dengan demikian, penataan tempat duduk penonton menjadi lebih fleksibel.

Karena tujuan utamanya sebagai taman film, maka terdapat videotron raksasa dengan ukura 4 x 8 meter. Untuk membuat suasana semakin dramatis, videotron tersebut dibekali dengan sound system yang dayanya mencapai 33.000 watt! Taman ini juga diberi hiasan lampu neon warna-warni dan lampu selang yang diletakkan di bawah amphitheater sehingga menjadi begitu indah pada malam hari. Jadi jika Anda bosan menonton bioskop dengan konsep yang itu-itu saja, Taman Film Bandung bisa menjadi alternatif pengganti.

Di setiap harinya, terdapat jadwal pemutaran film yang berbeda. Adapun jadwal pemutaran film di sini, yakni pada hari Senin – Jumat dimulai pukul 18:30 WIB hingga pukul 21:00 WIB dan pada hari Sabtu – Minggu dengan waktu yang lebih panjang, mulai pukul 17:00 WIB hingga pukul 22:00 WIB. Film-film yang diputar adalah film dari berbagai negara dengan berbagai genre. Anda bisa menikmati mulai dari film Indonesia, Korea, India, bahkan film Indie Bandung.

Baca juga :

Lokasi Dan Rute Menuju Taman Film Bandung

Taman Film Bandung berlokasi di Jalan Layang Pasupati, Bandung Timur, Bandung, Jawa Barat. Lokasinya sangat strategis, yakni berdekatan dengan taman jomblo. Memang tempat yang sangat tepat sebagai untuk mencari hiburan bagi Anda yang masih menjomblo.

Tiket masuk ke Taman Film Bandung ini gratis. Untuk mengetahui info lebih jauh dan lengkap terkait dengan pemutaran film, Anda dapat menghubungi langsung contact person pihak pengelola, yakni Oci (085780800181), Alie (082120009949), Fikar (082218531441). Atau Anda juga bisa tengok langsung ke twitter Taman Film Bandung di @BGD_TamanFilm.

Pernah terjadi sebuah insiden di sini. Kejadiannya pada 5 Oktober 2015 lalu. Saat itu, Taman Film dijadikan sebagai tempat untuk nonton bareng Piala Presiden 2015, yang bertanding adalah Persib Bandung melawan Mitra Kukar. Nahasnya, Persib Bandung saat itu menelan kekalahan dari Mitra Kukar.

Kecewa dengan kekalahan itu, oknum Viking bobotoh (pendukung Persib) melampiaskan kekesalan dengan cara yang kurang terpuji, yakni merusak berbagai fasilitas yang ada di Taman Film Bandung. Marah dengan kejadian ini, wali kota Bandung tidak lagi mengizinkan nonton bareng pertandingan sepak bola, hingga tanggal 17 Oktober larangan itu dicabut, dengan catatan tidak merusak apapun yang ada di Taman Film.

Sekian ulasan mengenai Taman Film Bandung, Jawa Barat. Semoga menambah referensi tempat yang akan Anda kunjungi ketika hari libur ya. Sampai jumpa!