Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Wajib Dikunjungi

Karanganyar, salah satu kota kecil yang terdapat di propinsi Jawa Tengah ini terletak di timur kota Surakarta. Karanganyar menawarkan pesona khas wisata alam pegunungan yang masih asri yang menjadi daya tarik tersendiri sebagai objek wisatanya. Tempat wisata di Karanganyar ini memiliki sejumlah objek wisata seperti tempat bersejarah dan tempat wisata pegunungan sebagai objek utama pariwisatanya.

Keindahan alam yang dimiliki Karanganyar sangat direkomendasikan bagi anda untuk mengisi waktu liburan sekolah atau liburan keluarga serta menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yang diciptakan di kabupaten Karanganyar. Selain melepas penat setelah lama bekerja, anda dan keluarga juga bisa merasakan sensasi keindahan alam yang ditawarkan Karanganyar dan merefresh otak anda dari semua hal penat menjadi sebuah kegembiraan.

Sudah tidak asing lagi bagi para pencinta wisata alam yang ingin merasakan indahnya pesona air terjun yang menjadi salah satu andalan tempat wisata di Karanganyar ini. Salah satunya adalah Grojogan Sewu yang terletak di Kalisoro Tawangmangu. Selain dapat menikmati pesona air terjun dan pemandangan sekitarnya, di Grojogan Sewu juga terdapat gedung pertemuan yang menjadi fasilitas untuk mengadakan acara seperti malam keakraban.

Tempat tersebut sangat cocok untuk dijadikan tempat camp bagi beberapa perkumpulan yang ingin mengadakan acara malam kebersamaan atau hanya ingin berkumpul dengan teman-teman. Bahkan tempat tersebut juga bisa dijadikan sebagai ajang liburan keluarga yang ingin menginap di tempat tersebut.

Selain Grojogan Sewu, tempat wisata di Karanganyar lainnya adalah air terjun Tumanten, air terjun Parang Ijo dan air terjun Jumog. Air terjun Tumanten dan air terjun Parang Ijo ini terletak di desa Gumeng Jenawi, sedangkan air terjun Jumok terletak di desa Ngagoryoso. Air terjun ini memiliki pesona yang tidak kalah menarik dari air terjun Grojogan Sewu.

Hanya saja untuk sampai ke lokasi ketiga objek wisata air terjun itu hanya bisa di akses dengan menggunakan jalan setapak saja. Keunikan tersebut justru dapat dimanfaatkan sebagai ajang petualangan dengan cara hiking bersama teman-teman. Jalan setapak yang tidak bisa dilewati mobil membuat orang yang ingin pergi ke sana harus berjalan kaki dan melewati jalur terjal, di sinilah letak petualangan itu dirasakan untuk mencapai sebuah tempat wisata yang indah.

Tempat wisata di Karanganyar lainnya adalah Cempleng, yakni pemandian air hangat yang merupakan sumber air panas yang asli dari Gunung Lawu. Objek wisata pemandian air panas Cempleng ini terletak di desa Plumbon Tawangmangu. Tempat wisata Karanganyar juga memiliki telaga air yang bernama Telogo Madirdo yang terketak di desa Ngargoyoso Tawangmangu. Selain itu bagi anda pencinta Cave Tubing, tempat wisata Karanganyar juga memiliki goa yang menjadi objek wisatanya yaitu Goa Cokro Kembang, Goa Kendalisodo dan Goa Tlorong yang berlokasi di desa Agrasmanis Jenawi. Dan sekali lagi, untuk sampai ke objek wisata ini hanya dapat ditempuh dengan jalan setapak saja.

Cuve Tubing yang menjadi salah satu wisata populer ini sangat direkomendasikan bagi para pecinta petualangan karena medan yang harus ditempuh cukup menantang dan membuat adrenalin berdetak lebih kencang.

Kemudian untuk wisata bersejarah yang ditawarkan tempat wisata di Karanganyar ini adalah Monumen Tanah Kritis yang berlokasi di Jumantoro. Selain itu terdapat juga candi Sukuh yang berlokasi di desa Berjo Lereng Gunung Lawu. Candi ini berbentuk seperti piramid yang merupakan peninggalan masyarakat Hindu zaman dahulu. Tempat lainnya yang menjadi objek wisata Karanganyar adalah Astana Giribangun, karena tempat ini merupakan astana tempat dimakamkannya presiden kedua kita yakni bapak Soeharto beserta istrinya.

 

Leave a Comment