Tempat Wisata di Lamongan dan Gresik Jawa Timur

 

Gresik merupakan kabupaten sibuk yang penuh dengan aktivitas industri. Hal ini ditandai dengan banyak pabrik-pabrik yang berdiri di wilayah Kabupaten Gresik. Lamongan sendiri adalah wilayah yang sama sibuknya, meskipun tidak sesibuk Gresik. Menariknya, sibuk-sibuk begitu, ternyata tidak sedikit tempat wisata di Lamongan dan Gresik Jawa Timur. Mau tahu apa saja? Lanjut baca artikelnya.

Telaga Ngipik

Telaga Ngipik juga disebut dengan Taman Wisata Giri Wana Tirta. Telaga ini berada di Desa Ngipik, sekitar 1,5 meter ditempuh dari Pusat Kota Gresik. Hijau pepohonan dan semilir anginnya akan membuat Anda merasa damai. Kehadiran telaga ini tentu saja menarik di tengah panasnya Kota Gresik.

Lain itu, telaga ini dimanfaatkan juga untuk aktivitas olahraga ski air. Pernah juga Telaga Ngipik ini dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan lomba ski air. Anda pun boleh main ski air di sini. Atau hanya sekadar ingin naik perahu, juga bisa. Anda cukup membayar Rp. 5.000 saja sudah bisa berkeliling telaga dengan perahu. Sebagai catatan, tiket masuk telaga ngipik ini sebesar Rp. 2.000. Tidak mahal, bukan?

Bukit Jamur

Awalnya, Bukit Jamur adalah lahan bekas galian yang sudah tidak digunakan. Bekas-bekas galian ini lantas berubah bentuk hingga menjadi semacam cadas-cadas yang menyerupai jamur. Ini akibat, angin terus mengikis bagian bawah cadas tersebut.

Jadi jangan salah, Bukit Jamur bukan tempat wisata yang identik dengan pepohonan hijau atau tanaman. Sebaliknya, Bukit Jamur adalah bekas galian yang memiliki bentuk cadas-cadas yang menarik. Silakan datang ke Bukit Jamur. Lokasinya ada di Desa dan Kecamatan Bungah. Tiket masuknya bukan perorangan, tetapi persepeda motor. Untuk sepeda motor ditarik harga tiket Rp3.000. Untuk mobil Rp7.500.

Sendang Banyu Biru

Tempat wisata di Lamongan dan Gresik Jawa Timur berikutnya adalah Sendang Banyu Biru. Menariknya, air di sendang ini benar-benar berwarna biru. Sendang ini merupakan pemandian yang memiliki kandungan belerang. Tapi begitu, sampai saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan secara resmi penyebab warna biru pada air sendang ini, apakah karena kandungan belerang atau bukan.

Banyak orang yang percaya air Sendang Banyu Biru mampu mengobati berbagai macam penyakit. Jadi, tidak ada salahnya anda mencoba berwisata di sini dan merasakan sendiri sensasinya, di luar apakah benar atau tidak air sendang ini mampu menyembuhkan segala penyakit.

Waduk Gondang

Berbicara tentang wisata waduk, Waduk Gondang merupakan waduk yang paling terkenal di Lamongan. Tidak sedikit wisatawan yang datang sekadar untuk melihat atau ingin menikmati matahari sore dari tempat ini. Lokasi Waduk Gondang ada di Kecamatan Sugio, Lamongan.

Air di waduk ini adalah bendungan dari sungai bernama sama yang memiliki luas aliran hingga 68 km persegi lebih. Akses menuju Waduk Gondang cukup mudah. Tidak pun menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa datang ke Waduk Gondang dengan menggunakan angkutan umum.

Pemandian Air Panas Brumbung

Lokasi pemandian ini ada di Daerah Paciran, Lamongan. Lokasinya yang cukup jauh dari keramaian, sangat mendukung untuk kegiatan relaksasi yang Anda lakukan. Menurut cerita, pemandian Air Panas Brumbun merupakan pemandian yang pernah digunakan salah satu walisongo untuk bertapa. Wali yang dimaksud itu adalah Sunan Drajat.

Tempat wisata di Lamongan dan Gresik Jawa Timur yang disebutkan di atas memang belum lengkap. Tetapi, untuk list sementara rencana wisata Anda, tampaknya tempat-tempat wisata di atas sudah cukup menjadi pilihan menarik untuk Anda kunjungi.