Tempat Wisata di Sidoarjo dan Pasuruan Jatim

Sidoarjo dan Pasuruan merupakan dua kabupaten di Jawa Timur yang saling berbatasan. Bagusnya, dua kabupaten tersebut memiliki wilayah garis pantai yang membujur di utara Pulau Jawa. Lalu, apa saja tempat wisata di Sidoarjo dan Pasuruan Jatim yang menarik untuk dikunjungi? Berikut ulasannya.

Pulau Sarinah

Pulau Sarinah ini adalah hasil sedimentasi Lumpur Lapindo yang mengalir ke laut. Pulau ini menjadi menarik karena di sekitar pulau terdapat hutan bakau yang sejuk. jika Anda mengunjungi tempat ini, Anda bisa menggunakan perahu. Sebab, ada juga dermaga yang bisa digunakan untuk perahu merapat. Pulau Sarinah ada dalam wilayah Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo. Menarik tentunya mengerti riwayat terbentuknya pulau ini.

Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular memiliki luas 3,3 hektar. Terdapat banyak koleksi peninggalan sejarah di dalamnya. Sebagian di antara koleksi tersebut adalah emas serta lukisan dari abad 14. Koleksi lain yang dimiliki museum ini adalah etnografi, bahkan hingga geologi dan biologi. Lokasi Museum Mpu Tantular ada di Siwalanpanji, Kecamatan Sidoarjo. Akses menuju museum ini cukup mudah karena letaknya yang masih berada di kawasan kota. Jadi, kalaupun Anda menggunakan kendaraan umum, pilihan itu masih bisa Anda lakukan.

Kampung Sepatu Krian

Kampung Sepatu Krian adalah sentra perajin sepatu dengan kualitas unggulan. Digadang-gadang kualitas sepatu yang dihasilkan tidak kalah dengan kualitas sepatu buatan Cibaduyut Bandung. Kerajinan ini memang bukan perusahaan besar, melainkan usaha rumahan, tapi skalanya sudah lumayan besar. Letak kampung ini berada di Desa Masangan.

Danau Ranu Grati

Tempat wisata di Sidoarjo dan Pasuruan Jatim berikutnya adalah wisata danau di Pasuruan. Nama danau di Pasuruan ini adalah Danau Ranu. Luas danau ini mencapai 200 hektar. Akses jalan cukup mudah. Sekitar 30 menit saja perjalanan jika Anda berada di Pusat Kota Pasuruan.

Secara posisi, danau ini masuk dalam wilayah tiga desa sekaligus. Tiga desa tersebut adalah Desa Sumberdawesari, Desa Gratitunon, dan Desa Ranuklindungan. Tiga desa tersebut masuk dalam Kecamatan Grati. Kegiatan yang bisa dilakukan di sana adalah memancing dan bersepeda air. Anda juga bisa naik perahu dan menikmati danau itu seraya melihat pemandangan sekitar.

Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen sering juga disebut dengan Taman Safari Indonesia II. Taman Safari ini merupakan Taman Safari yang berada di Lereng Gunung Arjuna. Luasnya disebut sebagai yang paling luas di antara taman safari lain di Asia. Anda bisa menyaksikan bermacam satwa di taman safari ini.

Selain melihat satwa, di taman safari ini, Anda juga bisa bermain outbond, atau berenang dengan lumba-lumba. Lain, itu sebenarnya masih banyak yang bisa Anda lakukan di sana, termasuk melihat satwa-satwa laut di Safari Aquatic Land. Letak taman safari ada di Desa Jatiarjo, Prigen, Pasuruan.

Coban Baung

Pasuruan juga memiliki beberapa air terjun. Satu di antaranya adalah Air Terjun Coban Baung. Air Terjun Coban Baung jatuh dari ketinggian 100 meter. Lokasinya masih termasuk dalam kawasan taman wisata alam Gunung Baung. Luas areanya sendiri mencapai 195 hektar.

Air terjun Coban Baung terletak di Desa Kertosari Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Fasilitas wisata di sana sudah lengkap. Bahkan ada juga tempat berkemah, flying fox, hiking, juga wahana outbound yang lain.
Setelah tahu mana saja tempat wisata di Sidoarjo dan Pasuruan Jatim yang menarik, saatnya Anda menentukan tujuan wisata Anda. Selamat menikmati liburan Anda.