Tempat Wisata di Tuban dan Bojonegoro Jawa Timur

 

Tuban dan Bojonegoro adalah dua kabupaten di Jawa Timur yang letaknya berdampingan. Tuban berada di sebelah utara dan Bojonegoro berada di sebelah selatan. Sehingga, dua kabupaten ini saling berbatasan. Menariknya, dua kabupaten ini juga memiliki tempat-tempat wisata asyik untuk Anda kunjungi. Lalu apa saja tempat wisata di Tuban dan Bojonegoro Jawa Timur yang direkomendasikan?

    Pantai Pasir Putih Remen

Tuban merupakan daerah yang cukup panas. Tidak salah, jika Tuban memiliki wisata pantai yang menarik. Salah satu wisata pantai Tuban adalah Pantai Pasir Putih Remen. Bisa dikatakan, wisata ini instagramable. Ini karena, wisata ini populer lewat akun media sosial tersebut. Posisi pantai pasir putih ini berada di Desa Remen Kecamatan Jenu, Tuban.

Fasilitas wisata di pantai ini sudah lengkap. Warga Desa Remen sendiri yang mengelola pantai ini secara mandiri. Warung-warung yang menjajakan makanan berjajar di tepian pantai. Pantainya bersih. Anda tidak akan bosan menikmati keindahan pantai ini bersama lembut pasirnya yang menawan.

    Air Terjun Bongok

Biarpun termasuk daerah panas, Kabupaten Tuban memiliki objek wisata alam yang luar biasa. Salah satu adalah Air Terjun Bongok. Air terjun ini memiliki beberapa aliran air yang indah. Persisnya, air terjun ini berada di Desa Jetak, Montong, berada di antara Hutan Jati perbukitan kapur.

    Goa Ngerong

Goa Ngerong merupakan gua yang memiliki lantai aliran sungai. Karena itu, cara satu-satunya untuk menelusuri gua berkedalaman 1.000 meter ini adalah dengan menggunakan perahu karet. Anda bisa menyewa perahu karet tersebut hanya dengan membayar Rp5.000 saja.

Goa Ngerong termasuk salah satu tempat wisata di Tuban dan Bojonegoro Jawa Timur yang menarik. Dinding goanya eksotis dan banyak dihuni oleh kelelawar. Puncak keeksotisan itu adalah air terjun yang berada di dalam Goa Ngerong. Bagus benar. Anda bisa datang ke Desa Rengel, Tuban, untuk melihat sendiri keindahan dan keunikan goa ini. Untuk sekadar catatan, biaya masuk dikenakan Rp3.000 perorang.

    Wana Tirta Dander

Beralih ke Bojonegoro, wisata rekomendasi adalah Wana Tirta Dander. Wisata ini adalah wisata alam yang dilengkapi dengan lapangan golf, tempat berenang, dan area bermain bersama keluarga. Letaknya berada di Desa Dander, Kabupaten Bojonegoro. Anda hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai di wana wisata ini jika Anda berada di pusat kota.

    Air Terjun Kedung Gupit

Air terjun ini berada di batas wilayah Desa Krondonan dan Desa Kayam. Akses menuju air terjun ini juga bisa dilakukan lewat dua desa tersebut. Hanya saja, jika Anda berangkat dari Desa Krondonan, jarak Air Terjun Kedung Gupit Bojonegoro ini menjadi lebih dekat.

Air terjun ini mengalir melalui tebing batu. Demikian juga akses jalannya, Anda harus melewati batu-batu besar untuk mendekat ke air terjun. Tidak ada biaya retribusi yang dikenakan pada Anda untuk datang ke air terjun ini. Tetapi, untuk biaya parkir kendaraan, Anda akan diminta biaya Rp2.000.

    Kayangan Api Sendangharjo

Kayangan Api adalah salah satu tempat wisata yang memiliki titik fokus pada api. Api tersebut keluar dari dasar tanah karena adanya gas alam yang menyembur. Menariknya, saat hujan sekalipun, api yang keluar di tempat wisata ini tetap menyala. Tidak jarang, orang menyebut tempat wisata ini sebagai Api Abadi. Lokasi Kayangan Api berada di Desa Sendangharjo, Ngasem, Bojonegoro.

Dari seluruh tempat wisata di Tuban dan Bojonegoro Jawa Timur itu, tempat mana yang paling menarik hati Anda untuk segera mengunjunginya?